SELEKSI ALAM DALAM BISNIS

Pernah mendengar cerita tentang perusahaan besar yang di masa jayanya seolah tidak terkalahkan dan “tidak mungkin tumbang” dan hari ini hanya tinggal kenangan dan tidak terdengar lagi namanya ? *gak usah sebut merk

Atau tentang kapal super besar yang pernah dibuat yang konon katanya tidak akan mungkin tenggelam, bahkan oleh Tuhan sendiri ? dan akhir ceritanya bisa ditebak *Sekali lagi jangan sebut judul filmnya karena Anda pasti sudah tonton filmnya

Mau contoh paling mudah lagi ?

Salah satu sahabat saya yang beberapa tahun silam punya bisnis dengan omset ratusan juta perbulan, pegawai sudah puluhan orang dan hari ini selesai dengan bisnis plus dengan hidupnya !

Tulisan ini tidak akan menggurui,menghakimi atau bahkan menakuti Anda bahwa salah satu masalah terbesar dalam hidup dan khususnya untuk pebisnis adalah berada dalam zona nyaman.

Saya percaya setiap dari Anda memimpikan bisnis nya hari ini suatu saat nanti menjadi bisnis yang omsetnya puluhan bahkan ratusan juta setiap bulan nya, bisa membantu orang lain dengan bisnis nya dan hidup lebih layak lagi dari bisnis tersebut.

Setiap bisnis bisa sukses atau bangkrut
dan setiap kapal kehidupan kita bisa tenggelam setiap saat !

bahkan dikatakan hanya 1 dari 10 bisnis hanya akan bertahan dalam 2 tahun pertamanya dan selebihnya akan tutup/bangkrut. sedikit sekali yang bertahan.

Saya menjadi saksi hidup dari salah satu sahabat saya, ketika dia memulai bisnis di usianya yang sangat muda dan hanya dalam hitungan tahun saja sudah menghasilkan uang yang banyak dari bisnis nya.

Penampilan keren, tunggangan kinclong, rumah sudah punya sendiri, pegawai nya sudah puluhan dan keran sumber penghasilan mengalir dengan lancar setiap bulan.

Anak muda yang “keren” begitu teman-teman memanggilnya.

Seperti yang saya tulis di awal, teman satu ini hari ini hanya tinggal nama nya saja dan terakhir masih menyisakan utang yang harus ditanggung oleh anak dan istrinya entah sampai kapan #mewek

Tapi taukah anda ada satu kesamaan dari semua contoh diatas ?

Dari yang memulai bisnis dari angka 0 sudah mencapai angka 5,6,7..dst dan hari ini kembali angka 0 lagi ?

Dari yang memulai dengan susah payah
berbuah manis ( menghasilkan)
dan kembali mulai dari nol lagi ?

SIKAP (baca attitude) yang membedakan semuanya

Pernah ketemu orang-orang begini:

Ketika bisnis sudah mulai besar dan laporan keuangan setiap bulan “sudah hijau”
ketika jumlah uang di rekening dan dompet mulai tebal biasanya “kepalanya ikut membengkak ” ( bukan isi nya )

Ah, ngapain ikut seminar ini itu, belajar sana-sini lagi. bisnis gue udah mapan bro *di tinggal tidur aja bisa menghasilkan duit .

Buang waktu dan uang saja belajar begitu, enggak manfaat
mending nikmati hidup saja bro. santai-santai saja lah
jangan terlalu di pusingin dengan begituan deh ( belajar lagi )

Bisnis baru mulai gede sedikit sudah mulai sesumbar
Merasa sudah tinggi dan hebat
Mulai anti dengan kata “selalu upgrade diri dan skill nya”

kalau kata mentor saya

“Tipe-tipe begitu gak bakalan bertahan lama itu dan biasanya lebih cepat tenggelam
Mau gede juga gak bakalan gede banget”

Eh benar ketemu sedikit “perubahan iklim” dlm bisnis dan punah spesies begini #plak

Belum lagi yang baru mulai belajar mulai bisnis, masih seumuran jagung dan merasa sudah cukup ilmunya karena sudah menghasilkan.

Ahha…Gue sudah tau resepnya !
cukup belajar nya cukup sudah dan jadi malas belajar lagi.
Lagi-lagi ending nya bisa ditebak, seperti film drama korea

Please, bangun lagi kamu…
jangan tinggalkan aku sendirian *ngomong ke bisnis nya sendiri

ahha, berakhir dengan bisnis yang hanya sukses seumuran jagung juga *hati-hati

Prinsip seleksi alam selalu berlaku dalam hidup dan bisnis !

Cepat puas, malas belajar, tidak upgrade skill siap-siap ketinggalan kereta dan berakhir nangis di pojokan sendirian

Yang merasa sudah cukup belajar nya, sudah merasa kokoh dan tidak tergantikan, siap-siap ditebang oleh zaman *pada waktunya

Dimana bisnis anda saat ini ?
Omzet sebulan bisnis anda bulan kemarin ?
Pegawainya sudah berapa puluh orang ?
Bisnisnya sudah bermanfaat untuk berapa banyak orang ?
Atau anda baru memulai bisnis ?

Mari mulai hari ini coba koreksi diri sendiri dulu
kalau bisnis mulai sepi jangan langsung panik dan menuduh “kiamat bisnis sudah dekat”
Teknik jualan nya sudah benar belum ?
pegawai mulai banyak salah dan berulah ?
cek dulu apa sudah benar kasih contoh ke pegawainya.

Tanyakan kepada anda sendiri
Kemana anda akan membawa bisnis anda 2 atau 3 tahun lagi kedepan !

Seberapa besar angka cukup yang anda inginkan ?
seberapa besar harga yang siap anda bayar untuk sebuah mimpi anda sendiri ?

Hari ini sudah belajar evaluasi dan upgrade diri ?

Jawab dan simpan pertanyaan diatas untuk anda sendiri saja.
Anda sendiri yang memilih !

“Perubahan tidak menunggu anda siap atau tidak
perubahan terjadi begitu saja”

Semoga bermanfaat